Sunday, October 02, 2005

pendidikan - katanya..

Pendidikan
Tebing Tinggi Kucurkan Anggaran Lebih Besar

Medan, Kompas - Guna memacu sektor pendidikan, Pemerintah Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara, sejak lima tahun belakangan terus mengucurkan anggaran pendidikan yang cukup besar. Langkah itu sejalan dengan keinginan semua potensi daerah ini untuk menjadikan Kota Tebing Tinggi sebagai ”Kota Pendidikan” di Sumatera Utara.

Kepala Bagian Informasi dan Komunikasi Kota Tebing Tinggi Tarmizi Simanjuntak mengungkapkan itu kepada Kompas di Medan, Selasa (28/6).

Menurut Tarmizi, dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Tebing Tinggi, anggaran pendidikan selalu dikucurkan lebih besar dibanding kebutuhan lain. Tahun 2004 lalu misalnya, untuk pendidikan dianggarkan dana sekitar 18,7 persen dari total APBD yang mencapai Rp 56 miliar lebih. Dari tahun ke tahun pun, secara riil dana pendidikan terus diperjuangkan naik dari sebelumnya.

”Ketika di daerah lain di Sumut banyak gedung sekolah dan ruang belajar rusak parah, di Tebing Tinggi kondisinya sudah lumayan bagus. Semuanya sudah direhabilitasi dan bahkan sebagiannya ada yang dibangun baru,” katanya.

Tarmizi memberi contoh, pada tahun 2001 misalnya, dari 725 ruang belajar yang ada di Tebing Tinggi, pada saat itu hanya sekitar 39 persen saja yang kondisinya baik. Akan tetapi, tiga tahun kemudian, yakni tahun 2004, jumlah gedung sekolah dan ruang belajar di Tebing Tinggi dalam kondisi baik meningkat menjadi sekitar 85 persen. (zul)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home